TUGAS 2 INOVASI TEKNOLOGI INFORMASI MODERN

INOVASI SI & TEKNOLOGI INFORMASI MODERN TUGAS II



­NAMA : I Gde Manggala
KELAS : 2KA19
NPM : 13115185

PTA 2016 / 2017
Fakultas Ilmu Komputer Dan Teknologi informasi
Universitas Gunadarma
Jurusan Sistem Informasi
Dosen Pengajar : Tito Putra Prasetyo


PENERAPAN PROGRAM APLIKASI UNTUK MENGAWASI PEREDARAN PRODUK ELEKTRONIK DI MASYARAKAT


LATAR BELAKANG

            Zaman sekarang, teknologi sudah berkembang pesat, tiap tahun teknologi semakin maju dan berkembang juga mempengaruhi hampir setiap aspek kehidupan, pendidikan, ekonomi, militer, sosial budaya, industri dll. Mayoritas masyarakat sudah mulai mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi, ini dapat dibuktikan dengan sudah banyak anak – anak yang sudah memiliki Handphone / Smartphone untuk mereka sendiri.

            Berkembangnya teknologi memberikan dampak yang besar di bidang industri, terutama pada produksi barang elektronik. Tiap tahun, permintaan konsumen untuk barang - barang elektronik semakin meningkat. Akibatnya, pabrik – pabrik harus berusaha  untuk memenuhi permintaan konsumen yang haus akan produk – produk baru & canggih. Meskipun begitu, konsumen juga mulai sadar akan pengaruh perkembangan teknologi, yang kelak dapat menjerumuskan mereka ke dalam gaya hidup hedonisme, individualisme, dll.

            Akibatnya, permintaan konsumen untuk produk elektronik menurun, untuk mencegah kerugian, pihak produsen barang elektronik mengimbanginya dengan perkembangan teknologi pada produk mereka yang makin canggih tiap tahun, seperti tahan banting, masa hidup baterai lebih lama, kualitas gambar pada saat mengambil foto / video semakin bagus, kecepatan proses yang lebih tinggi, kapasitas memory lebih besar, dll.

            Tapi ada satu hal. Teknologi – teknologi tersebut memerlukan kualitas Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, dan Sumber Daya Modal yang memadai untuk mencegah kekecewaan konsumen. Yang menyebabkan pihak produsen menaikan harga barang – barang elektronik pada produk – produk mereka untuk mendapatkan keuntungan, atau bahkan untuk mengganti biaya produksi mereka.

            Tingginya harga barang – barang elektronik menyebabkan penjualan produk – produk elektronik menurun. Namun, di zaman dimana teknologi sudah berkembang pesat, pasti ada pihak yang berusaha mencari keuntungan, dengan segala cara. Korupsi, Kolusi, Nepotisme hanya awalnya saja. Sudah banyak pihak – pihak tertentu mendapatkan keuntungan dari usaha - usaha kotor. Seperti produk palsu / produk KW, Black market, produk rakitan tanpa izin / tidak memiliki disertifikasi.

            Oleh karena itu, diperlukan sebuah aplikasi yang mampu mengawasi peredaran produk – produk elektronik di masyarakat, untuk mencegah rusaknya reputasi pihak produsen produk – produk elektronik, sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

RUMUSAN MASALAH

  1.  Apa itu teknologi?
  2.  Apa itu produk?
  3.  Apa itu produk elektronik?
  4.  Apa itu program aplikasi?
  5.  Apa itu pengawasan?


PEMBAHASAN

1. Teknologi

Secara umum, teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun tak benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan, dan pemikiran untuk mencapai suatu nilai. Dalam penggunaan ini, teknologi merujuk pada alat, dan mesin yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah di dunia nyata. Ia adalah istilah yang mencakupi banyak hal, dapat juga meliputi alat-alat sederhana, seperti linggis atau sendok kayu, atau mesin-mesin yang rumit, seperti stasiun luar angkasa atau pemercepat partikel. Alat, dan mesin tidak mesti berwujud benda; teknologi virtual, seperti perangkat lunak dan metode bisnis, juga termasuk ke dalam definisi teknologi ini.

Kata "teknologi" juga digunakan untuk merujuk sekumpulan teknik-teknik. Dalam konteks ini, ia adalah keadaan pengetahuan manusia saat ini tentang bagaimana cara untuk memadukan sumber-sumber, guna menghasilkan produk-produk yang dikehendaki, menyelesaikan masalah, memenuhi kebutuhan, atau memuaskan keinginan; ia meliputi metode teknis, keterampilan, proses, teknik, perangkat, dan bahan mentah. Ketika dipadukan dengan istilah lain, seperti "teknologi medis" atau "teknologi luar angkasa", ia merujuk pada keadaan pengetahuan, dan perangkat disiplin pengetahuan masing-masing. "Teknologi state-of-the-art" (teknologi termutakhir, sekaligus tercanggih) merujuk pada teknologi tinggi yang tersedia bagi kemanusiaan di ranah manapun.

Teknologi dapat dipandang sebagai kegiatan yang membentuk atau mengubah kebudayaan.Selain itu, teknologi adalah terapan matematika, sains, dan berbagai seni untuk faedah kehidupan seperti yang dikenal saat ini.


2. Produk

Dalam bisnis, produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan. Dalam marketing, produk adalah apapun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan. Dalam tingkat pengecer, produk sering disebut sebagai merchandise. Dalam manufaktur, produk dibeli dalam bentuk barang mentah dan dijual sebagai barang jadi. Produk yang berupa barang mentah seperti metal atau hasil pertanian sering pula disebut sebagai komoditas.

Kata produk berasal dari bahasa Inggris product yang berarti "sesuatu yang diproduksi oleh tenaga kerja atau sejenisnya". Bentuk kerja dari kata product, yaitu produce, merupakan serapan dari bahasa latin prōdūce(re), yang berarti (untuk) memimpin atau membawa sesuatu untuk maju. Pada tahun 1575, kata "produk" merujuk pada apapun yang diproduksi ("anything produced"). Namun sejak 1695, definisi kata product lebih merujuk pada sesuatu yang diproduksi ("thing or things produced"). Produk dalam pengertian ekonomi diperkenalkan pertama kali oleh ekonom-politisi Adam Smith.

Dalam penggunaan yang lebih luas, produk dapat merujuk pada sebuah barang atau unit, sekelompok produk yang sama, sekelompok barang dan jasa, atau sebuah pengelompokan industri untuk barang dan jasa.

3. Produk Elektronik

Produk Elektronik adalah Produk yang membutuhkan energi listrik untuk dapat digunakan / dapat melakukan suatu tujuan. Contohnya, handphone, kamera, televisi, komputer, dll.

4. Program aplikasi

Program aplikasi pada komputer merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya.Dalam sebuah komputer aplikasi ini disiapkan sesuai kebutuhannya masing-masing.

5. Pengawasan

Pengawasan adalah proses dalam menetapkan ukuran kinerja dan pengambilan tindakan yang dapat mendukung pencapaian hasil yang diharapkan sesuai dengan kinerja yang telah ditetapkan tersebut.


Tujuan pengawasan produk – produk elektronik di masyarakat

Tujuan dari dibuatnya inovasi pengawasan produk – produk elektronik adalah sebagai berikut:
  1. Untuk mencegah rusaknya reputasi produsen produk – produk elektronik.
  2. Untuk mencegah masuknya produk – produk elektronik yang menghambat kinerja masyarakat dan mencegah masuknya produk – produk elektronik yang dibuat / didatangkan secara illegal / melanggar hukum yang berlaku di masyarakat.
  3. Untuk menciptakan lingkungan persaingan yang kondusif antara para produsen produk – produk elektronik di masyarakat.
  4. Untuk menegaskan hak cipta dari produsen produk – produk elektronik.
  5. Untuk meningkatkan kepercayaan investor terhadap produsen produk – produk elektronik.
  6. Untuk meningkatkan kepuasan masyarakat atas produk elektronik yang beredar di masyarakat. 


Komentar

Postingan Populer