TUGAS 2 INOVASI TEKNOLOGI INFORMASI MODERN
INOVASI SI & TEKNOLOGI INFORMASI MODERN TUGAS II
NAMA
: I Gde Manggala
KELAS : 2KA19
NPM : 13115185
PTA 2016 / 2017
Fakultas Ilmu
Komputer Dan Teknologi informasi
Universitas Gunadarma
Jurusan Sistem
Informasi
Dosen Pengajar :
Tito Putra Prasetyo
PENERAPAN
PROGRAM APLIKASI UNTUK MENGAWASI
PEREDARAN PRODUK ELEKTRONIK DI MASYARAKAT
LATAR BELAKANG
Zaman sekarang, teknologi sudah berkembang pesat, tiap
tahun teknologi semakin maju dan berkembang juga mempengaruhi hampir setiap
aspek kehidupan, pendidikan, ekonomi, militer, sosial budaya, industri dll.
Mayoritas masyarakat sudah mulai mampu beradaptasi dengan perkembangan
teknologi, ini dapat dibuktikan dengan sudah banyak anak – anak yang sudah
memiliki Handphone / Smartphone untuk mereka sendiri.
Berkembangnya teknologi memberikan dampak yang besar di
bidang industri, terutama pada produksi barang elektronik. Tiap tahun,
permintaan konsumen untuk barang - barang elektronik semakin meningkat.
Akibatnya, pabrik – pabrik harus berusaha
untuk memenuhi permintaan konsumen yang haus akan produk – produk baru
& canggih. Meskipun begitu, konsumen juga mulai sadar akan pengaruh
perkembangan teknologi, yang kelak dapat menjerumuskan mereka ke dalam gaya
hidup hedonisme, individualisme, dll.
Akibatnya, permintaan konsumen untuk produk elektronik
menurun, untuk mencegah kerugian, pihak produsen barang elektronik
mengimbanginya dengan perkembangan teknologi pada produk mereka yang makin
canggih tiap tahun, seperti tahan banting, masa hidup baterai lebih lama, kualitas
gambar pada saat mengambil foto / video semakin bagus, kecepatan proses yang
lebih tinggi, kapasitas memory lebih besar, dll.
Tapi ada satu hal. Teknologi – teknologi tersebut
memerlukan kualitas Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, dan Sumber Daya
Modal yang memadai untuk mencegah kekecewaan konsumen. Yang menyebabkan pihak
produsen menaikan harga barang – barang elektronik pada produk – produk mereka
untuk mendapatkan keuntungan, atau bahkan untuk mengganti biaya produksi
mereka.
Tingginya harga barang – barang elektronik menyebabkan
penjualan produk – produk elektronik menurun. Namun, di zaman dimana teknologi
sudah berkembang pesat, pasti ada pihak yang berusaha mencari keuntungan,
dengan segala cara. Korupsi, Kolusi, Nepotisme hanya awalnya saja. Sudah banyak
pihak – pihak tertentu mendapatkan keuntungan dari usaha - usaha kotor. Seperti
produk palsu / produk KW, Black market, produk rakitan tanpa izin / tidak
memiliki disertifikasi.
Oleh karena itu, diperlukan sebuah aplikasi yang mampu
mengawasi peredaran produk – produk elektronik di masyarakat, untuk mencegah
rusaknya reputasi pihak produsen produk – produk elektronik, sesuai dengan
peraturan perundang – undangan yang berlaku.
RUMUSAN MASALAH
- Apa itu teknologi?
- Apa itu produk?
- Apa itu produk elektronik?
- Apa itu program aplikasi?
- Apa itu pengawasan?
PEMBAHASAN
1. Teknologi
Secara umum, teknologi dapat
didefinisikan sebagai entitas, benda maupun tak benda yang diciptakan secara
terpadu melalui perbuatan, dan pemikiran untuk mencapai suatu nilai. Dalam
penggunaan ini, teknologi merujuk pada alat, dan mesin yang dapat digunakan
untuk menyelesaikan masalah-masalah di dunia nyata. Ia adalah istilah yang
mencakupi banyak hal, dapat juga meliputi alat-alat sederhana, seperti linggis atau sendok kayu,
atau mesin-mesin yang rumit, seperti stasiun luar angkasa atau pemercepat
partikel. Alat, dan mesin tidak mesti berwujud benda; teknologi virtual,
seperti perangkat lunak dan metode bisnis, juga termasuk ke
dalam definisi teknologi ini.
Kata "teknologi" juga
digunakan untuk merujuk sekumpulan teknik-teknik. Dalam konteks ini, ia adalah
keadaan pengetahuan manusia saat ini tentang bagaimana cara untuk memadukan
sumber-sumber, guna menghasilkan produk-produk yang dikehendaki, menyelesaikan
masalah, memenuhi kebutuhan, atau memuaskan keinginan; ia meliputi metode
teknis, keterampilan, proses, teknik, perangkat, dan bahan mentah. Ketika
dipadukan dengan istilah lain, seperti "teknologi medis" atau
"teknologi luar angkasa", ia merujuk pada keadaan pengetahuan, dan
perangkat disiplin pengetahuan masing-masing. "Teknologi
state-of-the-art" (teknologi termutakhir, sekaligus tercanggih) merujuk
pada teknologi tinggi yang tersedia bagi kemanusiaan di ranah manapun.
Teknologi dapat dipandang sebagai
kegiatan yang membentuk atau mengubah kebudayaan.Selain itu, teknologi adalah
terapan matematika, sains, dan berbagai seni untuk faedah kehidupan seperti
yang dikenal saat ini.
2. Produk
Dalam bisnis, produk adalah barang atau jasa yang
dapat diperjualbelikan. Dalam marketing, produk adalah apapun yang bisa
ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau
kebutuhan. Dalam tingkat pengecer, produk sering disebut sebagai merchandise.
Dalam manufaktur, produk dibeli dalam bentuk barang mentah dan
dijual sebagai barang jadi. Produk yang berupa barang mentah seperti metal
atau hasil pertanian sering pula disebut sebagai komoditas.
Kata produk berasal dari bahasa Inggris product yang
berarti "sesuatu yang diproduksi oleh tenaga kerja atau sejenisnya". Bentuk
kerja dari kata product, yaitu produce, merupakan serapan dari bahasa
latin prōdūce(re), yang berarti (untuk) memimpin atau membawa sesuatu
untuk maju. Pada tahun 1575, kata "produk" merujuk pada apapun
yang diproduksi ("anything produced"). Namun sejak 1695,
definisi kata product lebih merujuk pada sesuatu yang diproduksi ("thing
or things produced"). Produk dalam pengertian ekonomi diperkenalkan
pertama kali oleh ekonom-politisi Adam Smith.
Dalam penggunaan yang lebih luas, produk
dapat merujuk pada sebuah barang atau unit, sekelompok produk yang sama,
sekelompok barang dan jasa, atau sebuah pengelompokan industri untuk barang dan
jasa.
3. Produk Elektronik
Produk Elektronik adalah Produk yang
membutuhkan energi listrik untuk dapat digunakan / dapat melakukan suatu
tujuan. Contohnya, handphone, kamera, televisi, komputer, dll.
4. Program aplikasi
Program aplikasi pada komputer merupakan
perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan untuk membantu
melaksanakan pekerjaan penggunanya.Dalam sebuah komputer aplikasi ini disiapkan
sesuai kebutuhannya masing-masing.
5. Pengawasan
Pengawasan adalah proses dalam
menetapkan ukuran kinerja dan pengambilan tindakan yang dapat mendukung
pencapaian hasil yang diharapkan sesuai dengan kinerja yang telah ditetapkan
tersebut.
Tujuan pengawasan produk – produk elektronik di masyarakat
Tujuan dari dibuatnya inovasi pengawasan
produk – produk elektronik adalah sebagai berikut:
- Untuk mencegah rusaknya reputasi produsen produk – produk elektronik.
- Untuk mencegah masuknya produk – produk elektronik yang menghambat kinerja masyarakat dan mencegah masuknya produk – produk elektronik yang dibuat / didatangkan secara illegal / melanggar hukum yang berlaku di masyarakat.
- Untuk menciptakan lingkungan persaingan yang kondusif antara para produsen produk – produk elektronik di masyarakat.
- Untuk menegaskan hak cipta dari produsen produk – produk elektronik.
- Untuk meningkatkan kepercayaan investor terhadap produsen produk – produk elektronik.
- Untuk meningkatkan kepuasan masyarakat atas produk elektronik yang beredar di masyarakat.
Komentar
Posting Komentar