TUGAS SOFTSKILL 3 INOVASI TEKNOLOGI INFORMASI MODERN

INOVASI SI & TEKNOLOGI INFORMASI MODERN TUGAS III





­NAMA : I Gde Manggala
KELAS : 2KA19
NPM : 13115185

PTA 2016 / 2017
Fakultas Ilmu Komputer Dan Teknologi informasi
Universitas Gunadarma
Jurusan Sistem Informasi
Dosen Pengajar : Tito Putra Prasetyo


CARA KERJA PENERAPAN PROGRAM APLIKASI UNTUK MENGAWASI PEREDARAN PRODUK ELEKTRONIK DI MASYARAKAT



PERALATAN YANG DIBUTUHKAN :

  1. Kartu ID
  2. Conveyor Belt
  3. Scanner Robot
  4. Robotic Arm
  5. Unit Komputer
  6. Database Machine


CARA KERJA :

  • Buat Kartu ID

Sebelumnya, pihak pengawas harus membuat Kartu ID terlebih dahulu untuk orang – orang perwakilan dari pihak produsen dan pihak distributor, ini untuk mencegah penyalahgunaan aplikasi. Kartu ID ini diperlukan agar user dapat login ke dalam aplikasi, dan dapat menggunakannya.

  • Mendata Produk yang diproduksi

Pihak Produsen mendata produk yang diproduksi. Ini dapat dilakukan dengan menaruh produk di atas Conveyor Belt yang akan bergerak melewati Scanner Robot yang akan meng-scan barcode / kode khusus pada produk. Lalu diupload ke database Produsen

  • Mengupload Data Produk ke Database Aplikasi

Selain diupload ke database Produsen, data yang didapat dari Scanner Robot, juga akan di upload ke Database Aplikasi, di saat yang sama, mengirimkan laporan agar dapar digunakan oleh Pihak Distributor & Pihak Pengawas.

  • Mendata Produk yang tiba di Pihak Distributor

Sebelum diterima oleh Pihak Distributor, produk yang baru tiba harus didata kembali, prosesnya sama seperti pada saat proses pendataan oleh Pihak Produsen, yakni dengan menaruh produk di atas Conveyor Belt yang akan bergerak melewati Scanner Robot yang akan meng-scan barcode / kode khusus pada produk, hanya saja setelah beberapa saat, Conveyor Belt akan berhenti sesaat, dan mungkin Robotic Arm akan mendorong Produk Illegal ke dalam Conveyor Belt lain. Produk yang lolos akan siap diedarkan ke masyarakat. Setelah semua produk didata & diperiksa. Data yang diperoleh Scanning Robot di upload ke Database Distributor

Bagaimana cara membedakan Produk Illegal dan Non-Illegal?
Ini dapat dilakukan dengan mengecek kesamaan antara data yang diperoleh Scanning Robot dengan data yang ada di dalam Database Aplikasi, serta memeriksa laporan yang diterima dari Pihak Produsen.

  • Mengirim Laporan ke Database Aplikasi

Pihak Distributor mengirimkan Laporan ke Pihak Produsen dan Pihak Distributor melalui Database Aplikasi sebagai bukti produk sudah tiba diterima Pihak Distributor, Laporan ini juga berisi jumlah produk yang ditahan / disita beserta alasannya, baik karena produk yang diterima tidak sesuai dengan permintaan, melanggar peraturan perundang – undangan yang berlaku, dll.





FLOWCHART




MODEL PROGRAM





Komentar

Postingan Populer