Analisa Perusahaan Startup Unicorn dan Decacorn


Analisa Perusahaan Startup Unicorn dan Decacorn


Perusahaan Startup Unicorn

Unicorn merupakan istilah yang sangat familiar di dunia perusahaan rintisan atau startup. Istilah Unicorn digunakan untuk mendeskripsikan perusahaan privat yang telah mengantongi valuasi lebih dari US$1 miliar.

Istilah unicorn di dunia startup pertama kali diperkenalkan oleh pemodal kapital Aileen Lee pada tahun 2013. Lee menggunakan istilah unicorn untuk mendefinisikan perusahaan teknologi yang dinilai memiliki ide dan solusi tak biasa dengan valuasi lebih dari US$1 miliar.


Contoh Perusahaan Startup Unicorn : Tokopedia

Tokopedia merupakan Perusahaan yang bergerak di bidang E-Commerce. Pada mulanya, Tokopedia didirikan pada 6 Februari 2009 dibawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya . PT Tokopedia mendapatkan pendanaan awal dari PT Indonusa Dwitama.

Pada beberapa tahun berikutnya, Tokopedia kembali mendapat suntikan dana dari pemodal ventura global seperti East Ventures (2010), Cyber Agent Ventures (2011), Netprice (2012), dan SoftBank Ventures Korea (2013). Pada Oktober 2014, Tokopedia menjadi perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI). Pada April 2016, Tokopedia kembali dikabarkan mendapatkan investasi sebesar USD 147 juta atau sekitar Rp 1,9 triliun.

Pada bulan Agustus 2017, Tokopedia menerima investasi sebesar USD 1,1 milyar dari Alibaba. Dikabarkan bahwa keputusan ini dilakukan agar Alibaba dapat semakin memperluas jaringannya di Indonesia dan Asia Tenggara setelah sebelumnya membeli saham Lazada..

Berkat peranannya dalam mengembangkan bisnis daring di Indonesia, Tokopedia berhasil meraih penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor e-Commerce pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc. pada tanggal 11 Desember 2014. Pada 12 Mei 2016, Tokopedia terpilih sebagai Best Company in Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award 2016
Pada tahun 2018, Tokopedia kembali meraih beberapa penghargaan. 

Pada Mei 2018 lalu aplikasi Tokopedia berhasil memuncaki Apple Store mengalahkan Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Sementara di Android, Tokopedia juga berhasil menjadi #3 Top Chart di Google Play mengalahkan Facebook dan Instagram. Pada Desember 2018 Tokopedia terpilih sebagai aplikasi terbaik pilihan masyarakat di Google Play.

Karakteristik Startup Unicorn :
  • Dapat diakses / melakukan transaksi dimana saja selama terhubung ke internet.
  • Dapat diakses / melakukan transaksi dari berbagai platform (Android, iOs, maupun PC).
  • Memiliki banyak promo untuk menarik minat Konsumen.
  • Mempunyai Metode pembayaran yang beragam (Kartu Kredit / Debit, Minimarket (alfamart, indomaret),  E-Money (OVO)).
  • Mudah digunakan.
  • Bekerja sama dengan Official Seller, sehingga Konsumen dapat membeli Produk Original.
  • Dapat melakukan transaksi meski Konsumen dan Seller (Penjual) terpisah jauh.
  • Bekerjasama dengan jasa ekspedisi terpercaya
  • Memiliki Proses Transaksi yang aman.
  • Memiliki Jaminan Uang Kembali (Refund) apabila Proses transaksi bermasalah (stok habis, seller salah mengirim produk, dll (Via fitur komplain))


Perusahaan Startup Decacorn

Dalam dunia perusahaan rintisan atau startup, Istilah Decacorn digunakan untuk mendeskripsikan perusahaan privat yang telah mengantongi valuasi lebih dari US$10 miliar

Contoh Perusahaan Startup Decacorn : Grab

Grab merupakan Perusahaan yang bergerak di bidang Transportasi. Grab pertama kali didirikan dengan nama MyTeksi di Malaysia (dikenal dengan nama GrabTaxi di Negara lain) pada tahun 2012 oleh Anthony Tan dan Tan Hooi Ling, MyTeksi diluncurkan dengan dana awal US $ 25.000 yang berasal dari Harvard Business school dan Modal pribadi Anthony Tan. Pada tahun 2014, GrabTaxi memindahkan Kantor Pusat Perusahaannya ke Singapura. Menurut pengajuan perusahaan dengan pemerintah Singapura pada tahun 2017, Anthony Tan juga memperoleh kewarganegaraan Singapura.

GrabTaxi diperluas ke Filipina pada Agustus 2013, dan ke Singapura dan Thailand pada Oktober tahun yang sama. Pada tahun 2014, Grab bekerja sama dengan HDT Holdings, memperkenalkan 100 taksi listrik BYD e6 di Singapura untuk membentuk armada e-taksi terbesar di Asia Tenggara, di tahun yang sama, GrabTaxi diperluas ke Vietnam (February) dank e Indonesia (Juni). Pada Mei 2014, GrabTaxi meluncurkan GrabCar,yang berfungsi sebagai Jasa Transportasi Alernatif yang menggunakan Mobil Pribadi melalui kerjasama resmi untuk menanggulangi kurangnya transportasi pubilk selama jam – jam ramai.

Pada Januari 2016, GrabTaxi berganti nama menjadi Grab. Pada Maret 2018, Grab Mengakuisisi Operasional Uber di wilayah Asia Tenggara, sekaligus menjadikan Grab sebagai Perusahaan Startup Decacorn pertama di Asia Tenggara.Kemudian pada November 2018, Grab berinvestasi pada platform OVO milik Konglomerat Lippo Group Indonesia.

Karakteristik Startup Decacorn :
  • Dapat diakses / melakukan transaksi melalui Smartphone (Android / iOS)  dimana saja selama Smartphone yang digunakan terhubung ke internet.
  • Memiliki banyak promo untuk menarik minat Konsumen
  • Mudah digunakan.
  • Memiliki Proses Transaksi yang aman.
  • Mempunyai Variasi Produk yang beragam mulai dari pelayanan pemesanan kendaraan (GrabBike, GrabCar, GrabTaxi), Kurir (GrabExpress), pesan - antar makanan (GrabFood), dan CarPooling sosial (GrabHitch Car).
  • Dapat melakukan Transaksi Via Cash (Uang Tunai), maupun Via E-Money (OVO setelah berkerjasama dengan Lippo Group Indonesia (dulu bernama GrabPay)).



Daftar Pustaka :

Komentar

Postingan Populer