Sumber Dana Bank

Sumber Dana Bank

Bank memiliki dua jenis sumber dana, kedua sumber dana tersebut antara lain :


  1. Unloanable funds adalah dana yang hanya bisa digunakan sebagai primary reserve. Unloanable funds terdiri dari Reserved Requirement, Uang Kas, dan Cadangan Operasional.
  2. Loanable funds adalah dana yang dapat dialokasikan baik untuk pemberian kredit atau untuk pembelian surat- surat berharga untuk tujuan memperoleh penghasilan. Loanable funds terdiri dari Idle fund dan Operating fund.
Idle Fund adalah dana yang masih menganggur atau belum digunakan pada alokasi yang produktif bagi Bank. Sedangkan Operable Fund adalah dana yang sudah dioperasikan oleh Bank terutama dalam bentuk kredit yang diberikan pada debitur.

Bank selalu berusaha meminimalkan idle fund atau memperbesar operable fund untuk mengoptimalkan keuntungan. Klasifikasi penggunaan dana ini sangat diperlukan untuk menghitung biaya dana yang harus dikeluarkan Bank (Cost of Fund) yang terdiri dari beberapa cara perhitungan. Berdasarkan Cost Of Fund ini Bank bisa menetapkan harga produk Banknya dengan memperhitungakan interest spead yang diinginkan. Penggunaan Dana Bank harus memperhatikan waktu pengendapan dana tersebut untuk menjamin likuiditas Bank.

Sumber :

Komentar

Postingan Populer